ingin penammbahan di fitur mana?

temps Indonésie

lartcobaleno. Diberdayakan oleh Blogger.

♫ My playlist ♫


Open Cbox
RSS


POWER OF INDONESIAN ROCK!

  Berawal dari ajang Dream Band tahun 2004 silam, Kotak lahir dibidani salah seorang personel Kahitna, Doddy, yang bertindak sebagai produser. Saat itu, Doddy melakukan audisi untuk membentuk format band baru di Indonesia yang terdiri atas drummer, gitaris, bassist, dan vokalis.
Audisi tersebut cukup mendapatkan respons dari musisi remaja yang ingin mencoba peruntungannya di industri musik. Sebanyak 400 orang vokalis, 170 bassist, ratusan gitaris, dan ratusan drummer menjejali tempat audisi. Setelah melakukan audisi dengan mempertimbangkan berbagai format penilaian, terpilihlah 2 vokalis, 2 bassist, 3 gitaris, dan 2 drummer. Musisi muda terpilih itu kemudian diramu lagi menjadi dua band yaitu Kotak yang personelnya empat orang dan "Lima" yang personelnya lima orang.
Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik.
Formasi band Kotak saat itu bukan seperti yang ada sekarang. Formasi grup band Kotak pertama kali diisi oleh Cella (gitar), Ices (bas), Pare (vokal), dan Posan (drum). Mereka kemudian merilis album pertama berjudul "Kotak".
Pada tahun 2007, Ices dan Pare ternyata memutuskan keluar dari band. Posisi yang kosong kemudian digantikan oleh Tantri pada vokal dan Chua pada bas. Mereka kemudian merilis album keduanya berjudul "Kotak Kedua" pada tahun 2009.
Menurut Tantri, dirinya sempat canggung ketika pertama bergabung dalam band ini. "Karakter vokal Pare sudah melekat di Kotak, aku sempat bingung mau nerusin karakter Pare atau sendiri saja. Tetapi, setelah sering main bareng dan latihan, aku mutusin untuk pakai karakter sendiri," katanya.
Ternyata formasi band baru di album kedua tersebut membawa kesuksesan bagi band Kotak untuk lebih berkibar di industri musik Indonesia. Tidak hanya ring back tone (RBT) yang sudah terjual satu juta. Performa mereka yang memukau di panggung membuat Kotak laris mendapatkan tawaran tur ke berbagai daerah di Indonesia.
Tidak hanya di bidang penjualan, berbagai trofi pun berhasil diraih grup band ini di berbagai ajang penghargaan musik. Pada Anugerah Musik Indonesia ke-12, mereka meraih penghargaan untuk kategori Solo/Duo/Grup Rock Terbaik. Album mereka "Kotak Kedua" juga diganjar penghargaan kategori Album Rock Terbaik.
Mereka juga sukses menyabet kategori Grup/Duo Pendatang Baru Terbaik versi Anugerah Planet Musik (APM) 2009. Terakhir MTV Indonesia Awards menobatkan mereka sebagai Most Favourite Breakhtrought Artist 2009.
Meskipun sukses berada di posisi saat ini, personel Kotak berharap bahwa hal itu belum merupakan puncak dari perjalanan mereka. Masih banyak mimpi yang ingin mereka raih untuk tetap eksis di industri musik. Setidaknya mereka kini telah melewati loncatan pertama mereka dari dream band menuju real band.

 ·     Tantri

 
Lahir di Tangerang, 9 Agustus 1989, lady rocker bernama asli Tantri Syalindri Ichlasari ini mengawali karir musiknya dari sebuah band Ares asal Jakarta, salah satu finalis ajang band yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta, THE DREAM BAND yang digelar tahun 2004.

Dari ajang inilah terbentuk nama Kotak dengan komposisi Tantri pada vokal, Prinzes Amanda pada bas, Mario Marsella, sebagai gitaris, dan Haposan Haryanto Tobing sebagai drummer.

Vokal Tantri yang khas, gahar serak, dan terdengar seksi, segera menarik minat para penikmat musik Indonesia. Tantri dan bandnya, Kotak segera menggebrak panggung musik Indonesia dengan genre musik modern rock bernuansa gothic yang sedikit berbeda.

Lagu-lagu mereka yang berkarakter khas cukup diminati. Beraksi adalah single pertama yang melambungkan namanya. Pada lagu ini vokal Tantri terdengar pas dan menggebrak. Begitupun single selanjutnya, Tinggalkan Saja.

Agak berbeda dengan dua single sebelumnya, Tantri yang mengaku menggemari Arman Maulana ini menyanyikan lagu Bayang Abadi dengan rock yang mellow namun tetap berkarakter Kotak.

Tak banyak yang tahu kisah asmara cewek yang akrab disapa Pare ini. Tantri kerap menjalin cinta dengan para personel band yang memang berprofesi sama dengannya. Saat mengikuti kompetisi THE DREAM BAND, Tantri terlibat cinlok dengan Richie Five Minute yang saat itu masih menjadi vokalis Ankara band, Bandung. Hubungan mereka bertahan satu setengah tahun. Namun akhirnya putus karena kesibukan masing-masing.

Saat ini putri pasangan Dally Syanabar dan Supriyati ini dikabarkan tengah menjalin kasih dengan vokalis band asal Madiun, Hatna Danarda. Cewek satu ini termasuk tahan berhubungan jarak jauh karena sang pacar tinggal di kota lain.

Menjadi pendatang baru, Tantri terbilang sukses membawa bandnya mendulang prestasi. Pada 2009, vokalis cantik ini berhasil membawa Kotak menjadi Pemenang Grup Rock Terbaik dan Album Rock Terbaik dalam ajang AMI 2009. Tak hanya itu, mereka juga mendapat predikat Grup Pendatang Baru terbaik versi Anugerah Planet Musik 2009 dan meraih Most Favourite Breakthrough Artist 2009 dari MTV Indonesia Awards. 

·     Chua

Swasti Sabdastantri, atau yang biasa dipanggil Chua adalah bassist salah satu band ternama Indonesia, Kotak. Chua lahir di Makassar, 3 April 1988.


Chua sudah mengenal dan tertarik dengan musik sejak dirinya duduk di bangku SMP di Makassar. Hal ini tidak lepas dari pengaruh sang kakak yang sudah lebih dulu terjun sebagai musisi. Chua pernah pindah ke Surabaya dan tampil di televisi lokal dan beberapa kafe.

Chua adalah bassist Kotak yang ketiga, setelah Prinzes 'Icez' Amanda yang menjadi personil The Rock Indonesia (T.R.I.A.D) dan Nissa Hamzah, yang menjadi personil Omelette.

Penampilan
Chua yang cantik dan keahliannya membetot bass memberikan warna baru pada Kotak, juga merupakan salah satu magnet fans buat Kotak.

Chua memikat hati manajer sebuah band bernama V-Mail (yang salah satu personilnya adalah Mitha The Virgin) saat dirinya tampil bersama sebuah band di kampusnya. Chua sempat bergabung dengan V-Mail sebelum akhirnya manajemen Kotak memintanya bergabung dengan album Kotak yang kedua.

 Kerabat Kotak pasti sudah tak asing lagi dengan cewek satu ini. Ya. Chua memang memberi warna tersendiri pada sound dan penampilan Kotak Band. Inilah profil, biodata dan foto-foto Chua.
Chua mengenal musik sejak duduk di bangku SMP di Makssar. Ketertarikannya pada musik tak lepas dari sang kakak yang lebih dulu terjun sebagai musisi.

Kemudian ia mulai belajar bass. Setelah cukup mahir main bass, Chua kerap ngejam bareng teman-temannya. Lalu saat pindah ke Surabaya mulai tampil di televisi lokal dan kafe-kafe

Ketika kuliah, manajer sebuah band indie bernama V-Mail (salah satu personelnya Mitha yang sekarang di The Virgin) terpikat melihat aksi Chua mencabik bass saat tampil bersama band kampusnya. Akhirnya, ia direkrut V-Mail dan sempat manggung di sejumlah acara, di antaranya Kemang Festival 2008.

Manajer Kotak Band yang sata itu sedang mencari pemain bass (untuk menggantiukan Icez) ternyata juga tertarik merekrutnya. Chua pun 'dibajak' dan mulai memperkuat Kotak di album kedua.

Biodata Chua:

Nama lengkap : Swasti Sabdastantri
Panggilan : Chua
Lahir : Makassar, 3 April 1988
Bintang: Aries
Favorite Books: Raditya Dika n Komik serial Cantik
Favourits Movie: Komedi, Action, Drama Korea 

 ·        Cella

Mario marcella atau yang sering dipanggil cella adalah gitaris band kotak. Pertama kali gw liat perform cella ketika kotak masih mengikuti ajang pencariana bakat Dreamband di tv7 (sekarang trans7), permainan cella waktu itu memang tidak terkesan mengumbar tekhnik, permaina gitarnya cukup minimalis atau sesua porsinya lah,beda ma gitaris peserta dreamband lainya, bila dibandingkan dengan gitaris seangkatanya di dreamband sperti pupun (gitaris kapten) yg sangat attraktive cella memang terlihat lebih kalem. satu hal yg menarik perhatian gw adalah soud distorsi yg dia mainkan, sound distorsinya gahar bgt, khas band2 modern rock atau nu metal macam creed/alter bridge, terang saja gw langsung berfikir ni orang bukan gitaris sembarangan, Cz setau gw belajar sound gitar lebih sulit dari belajar tehnik gitar.
Sejak itu gw selalu mencoba untuk tidak melewatkan tiap dia perform ma bandnya di dreamband, cella merupakan salah satu peserta yg sangat difavoritkan untuk jadi juara dreamband bersama bandnya saat itu, sejak awalpun gw yakin cella ma bandnya bakal menang, gila aj tuh acara kalau sampai ada gitaris berbakat seperti cella ngga sampai jd juara. Akhirnya setelah lebih dari dari 3 bulan acara dramband berlangsung muncul jg juaranya, ngga lain dan ngga buka juaranya adalah kotak dengan gitaris andalanya cella.
Setelah dia dan bandnya ngeluarin album pertamannya dengan hits andalan “sendiri” gue makin ngefans aj ma ni gitaris, cella benar2 gitaris yg berbakat dan tau bagaimana bermain gitar pada sebuah band, pada lagu2 kotak cella bermain sesuai porsinya, ngga berlebihan n ngga terlalu kurang jg. Dengan dibekali skill yg mumpuni cella tidak bermain egois, dia tidak bermain solo terlalau banyak dan juga dia tidak terlalu banyak melakukan shreeding. Dia tidak perlu unjuk gigi dengan pamer speed atau teknin2 sulit lainya, dia cukup dengan memainkan soud distorsi yg dahsyat untuk menunjukan eksistensinya.
Gitaris besar adalah gitaris yg tahu bagimana dia harus bermain, cella merupakan gitaris yg tahu bagaimana harus memainkan gitarnya dalam sebuah band, cella mengetahui bagimana porsi dia bermain, dia tau bagaimana bedanya “gitaris band” dengan ”gitaris yg diiringi band”.. Akhir kata salut buat cella,,,

 ·     Possan

Posan Kotak, yang bernama lengkap Haposan Haryanto Tobing adalah drummer salah satu band ternama di Indonesia, Kotak. Bersama Kotak, Posan mengikuti acara Dreamband dan akhirnya menjadi pemenang dengan konsep band rock yang mengusung nuansa 'dark'.

Posan dan Cella, sang gitaris, adalah personil yang bergabung sejak awal Kotak ada sampai terhitung tahun 2010, sedangkan personil lain yaitu bassist dan vokal sempat berganti-ganti sampai akhirnya sejak album kedua mereka, Kotak terdiri atas Cella (gitar), Posan (drum), Tantri (vokal), dan Chua (bassist).

Posan sendiri membentuk sebuah band baru yang dinamakan The Winner, bersama Dodhy Kangen Band. Aliran yang diusung band baru Posan ini adalah rock-melayu.

Posan dikabarkan menjalin hubungan dengan seorang penyanyi dangdut, Citra KDI, yang dipacarinya sejak 2007.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS